Video Cara Pendaftaran SBMPTN Tahun 2019Tutorial Pendaftaran Sbmptn

7 Tips Memilih Kampus Swasta yang Bagus

TIps Memilih Kampus Swasta Terbaik
Tips Memilih Kampus Swasta yang Bagus | Grafis: IDN Times

Tips memilih kampus swasta yang bagus, bagaimana caranya??

Kampus Swasta adalah Perguruan Tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara berbadan hukum yang berprinsip nirlaba, misalnya yayasan.

Perbedaanya dengan kampus negeri adalah, kampus swasta tidak di dirikan oleh pemerintah atau negara.

Kampus swasta dapat berbentuk; Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi, atau Akademi.

Kampus Swasta (PTS) sering menjadi kampus pilihan bagi Adik-adik yang ingin bekerja sambil kuliah, karena di kampus swasta biasanya jadwal kuliah yang fleksibel.

Selain pilihan pekerja, kampus swasta juga banyak diminati karena memang kualitasnya sudah sangat baik.

Bagi Adik-adik yang ingin kuliah di kampus swasta, berikut ada beberapa tips cara memilih kampus swasta yang bagus/baik sehingga ijazahmu nantinya tidak sia-sia.

Cek Akreditasi Kampus

Tips pertama yang bisa Adik-adik lakukan adalah dengan mengecek status akreditasi kampus swasta tersebut.

Pastikan kampus swasta yang kamu pilih sudah terakreditasi oleh BAN-PT. Jangan sampai sudah kuliah mahal-mahal, status kampus malah belum terakreditasi.

Kampus swasta yang bagus adalah kampus swasta yang telah terakreditasi A atau B. Sebaiknya tidak memilih kampus swasta yang masih terakreditasi C, karena sangat buruk untuk prospek kedepannya.

Untuk mengecek status akreditasi kampus pilihan, adik-adik bisa langsung kunjungi https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi dan kemudian mengetikkan nama kampus swasta pilihan tanpa singkatan.

Sebagai contoh, Adik-adik bisa mengetikkan Universitas Telkom maka secara otomatis BAN-PT akan menampilkan peringkat akreditasi Universitas Telkom adalah A dengan nomor SK: 3125/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dan berlaku hingga tahun 2021.

Cek Akreditasi Prodi

Tips kedua adalah mengecek status akreditasi prodi atau jurusan.

Mengecek status akreditasi jurusan sangatlah penting!. Akreditasi prodi ini sudah bagaikan nyawa bagi dunia kerja di Indonesia.

Ijazah-ijazah tanpa akreditasi jurusan bisanya akan tersingkir dari meja lamaran kerja. Apalagi jika menjadi PNS adalah salah satu keinginanmu, sudah barang tentu akreditasi kampus dan akreditasi jurusan itu sangat penting, karena sudah menjadi syarat utama pendaftaran CPNS.

Untuk mengecek status akreditasi prodi yang akan adik-adik pilih cukuplah mudah, Adik-adik bisa langsung mengunjungi laman BAN-PT https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi kemudian mengetikkan nama kampus dan nama prodinya.

Sebagai contoh, Adik-adik bisa mengetikkan Universitas Islam Indonesia dan pada bagian program studi ketikkan Ilmu Komunikasi, maka akan ditampilkan status akreditasi jurusan Ilmu Komunikasi UII adalah A.

Cek Lokasi dan Suasana Kampus

Tips ketiga adalah pastikan lokasi kampus swasta yang menjadi pilihan Adik-adik dapat dijangkau dengan mudah.

Pastikan juga bahwa suasana kampus swasta tersebut nyaman dan sesuai dengan keinginan Adik-adik. Kampus yang nyaman akan membuat Adik-adik tidak mudah bosan dan betah dalam belajar.

Cek Sarana Kampus

Suasana kampus swasta yang bagus juga di dukung oleh sarana yang memadai dan akan lebih baik jika kampus tersebut memiliki sarana-sarana olahraga, contohnya seperti kolam renang.

Sarana-sarana olahraga yang memadai bisa membuat mahasiswa yang belajar tidak mudah stres.

Cek Alumni Kampus

Tips kelima, coba cari tau mengenai alumni kampus swasta tersebut.

Adik-adik bisa memulai dengan mencari tau alumni kampus swasta yang telah berhasil sukses.

Dengan mengetahu alumni-alumni yang telah sukses, besar kecilnya akan mampu memotivasi Adik-adik untuk kuliah lebih giat dan tekun dalam menggapai cita-cita.

Cek Biaya Kuliah

Tips keenam, setelah mengecek akreditasi kampus, jurusan, lokasi, suasana, sarana, dan alumni, hal yang tidak kalah penting adalah cek besaran biaya kuliah di kampus swasta tersebut.

Sesuaikan dana yang Adik-adik/Orang tua miliki dengan besaran biaya kuliah di kampus swasta tersebut.

Jangan sampai Adik-adik memaksakan kuliah di kampus tersebut, tapi dana kuliah sangat minim. Hal ini tentu akan membuat adik-adik kesulitan dalam menyelesaikan studi.

Cek Beasiswa Kampus

Tips ketujuh atau terakhir, untuk memudahkan Adik-adik dalam membiayai kuliah di kampus swasta, Adik-adik bisa coba untuk mengecek beasiswa yang tersedia di kampus swasta tersebut.

Beasiswa yang tersedia dikampus swasta tersebut, pastinya akan meringankan Adik-adik dalam membayar biaya pendidikan.

Sebagai referensi kampus swasta yang bagus, berikut beberapa daftar kampus swasta terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Adik-adik dalam melanjutkan studi.

Daftar Kampus Swasta Terbaik

Daftar kampus swasta terbaik yang tersedia di Indonesia adalah:

  • Universitas Telkom (Tel-U)
  • Universitas Islam Indonesia (UII)
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  • Universitas Bina Nusantara (Binus)
  • Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Kampus-kampus swasta terbaik lainnya bisa Adik-adik lihat pada grafis di atas.

Demikianlah beberapa tips mengenai cara memilih kampus swasta yang bagus ini kami sajikan bagi Adik-adik. Semoga membantu dan semoga bermanfaat.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!