Video Cara Pendaftaran SBMPTN Tahun 2019Tutorial Pendaftaran Sbmptn

5.558 PESERTA UJIAN MANDIRI UIN MALANG BERADU NASIB

Ujian Mandiri UIN Malang
Ujian Mandiri UIN Malang

5.558 Peserta Ujian Mandiri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Beradu Nasib. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan ujian mandiri tulis, Selasa (23/7).

Ujian tulis dilaksanakan mulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 15.00 WIB. Khusus jalur prestasi menyesuaikan uji kompetensinya masing-masing.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin, MA. menjelaskan bahwa seleksi mandiri tulis dan prestasi ini merupakan jalur terakhir dari lima seleksi yang diadakan di UIN Malang.

Dia juga menegaskan bahwa di UIN Malang ada lima jalur seleksi masuk perguruan tinggi yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UMPTKIN dan Jalur Mandiri Tulis serta Prestasi. “Semoga seleksi mandiri tulis dan prestasi ini bisa memenuhi kuota nasional yaitu 20% dari seluruh seleksi masuk perguruan tinggi yang sudah dilaksanakan,” harapnya saat ditemui di lokasi ujian.

Masih kata Zainuddin, sapaan akrab M. Zainuddin selaku Ketua Panitia Seleksi Mandiri ini menilai ujian mandiri kali ini berlangsung tertib, aman, dan terkendali. “Kuncinya semua panitia dan peserta harus memenuhi tata tertib seleksi mandiri yang sudah ditetapkan,” terangnya.

Sementara itu, proses seleksi mandiri jalur prestasi bidang olahraga yang berlangsung di Gedung Sport Center Lt.2 juga berjalan dengan tertib. Sebagian calon mahasiswa baru terlihat tampak melakukan latihan untuk persiapan test kompetensi sesuai dengan prestasinya masing-masing.

Maklum saja, pasalnya test jalur prestasi ini tidak melalui test tulis. Akan tetapi, peserta langsung dites sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Test bidang olahraga mencakup Bola Basket, Bola Voli, Bulu Tangkis, Pencak Silat, Sepak Takraw, dan Tae Kwon Do.

Proses seleksi ini dibantu juga oleh mahasiswa yang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Unior, Tae Kwon Do dan UKM Pencak Silat Pagar Nusa. “Para mahasiswa tersebut membantu tim seleksi untuk memberikan intruksi kepada peserta tes,” paparnya.

M. Anwar Firdausy selaku penanggung jawab seleksi mandiri prestasi menjelaskan bahwa, seleksi prestasi ini terdiri dari tiga tahap yaitu memberikan sertifikat, validasi sertifikat dan test kemampuan. “Seleksinya melalui tiga tahap dan diutamakan memiliki sertifikat tingkat nasional,” jelasnya.

Penilaiannya, lanjut Bapak berbadan kekar tersebut, berdasarkan teknik apakah itu sesuai atau tidak dan sesuai dengan cabang olahraga yang diberikan pada sertifikat itu. “Tes ini untuk memastikan apakah sertifikat yang dimikinya sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya,” terangnya.

Salah satu peserta seleksi mandiri prestasi, Nadia dari Trenggalek menjelaskan bahwa dirinya termotivasi masuk UIN Malang ingin menambah wawasan dan pengetahuan ilmu Agama. Ia mengikuti seleksi mandiri prestasi bidang olahraga bulutangkis. “Saya mengambil Prodi Perbankan Syariah dan Akuntansi,” jelasnya.

Sumber: www.uin-malang.ac.id


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!