Video Cara Pendaftaran SBMPTN Tahun 2019Tutorial Pendaftaran Sbmptn

Lulus SNMPTN Tapi Tidak diambil, Apakah Sekolah Kena Blacklist?

SNMPTN Tidak diambil Sekolah Kena Blacklist?
Lulus SNMPTN Tapi Tidak Diambil, Sekolah Kena Blacklist?

Apakah lulus SNMPTN tapi tidak diambil menyebabkan sekolah kena blacklist?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita akan membahas terlebi dahulu apa itu blacklist.

Blacklist adalah suatu catatan dalam sebuah daftar, dimana pencatatan tersebut tertuju kepada subjek atau orang yang telah melakukan hal- hal yang tidak baik atau merusak dan bahkan berbahaya, baik itu terhadap pihak yang lain maupun masyarakat setempat.

Berdasarkan definisi di atas, hal-hal yang bisa menyebabkan seseorang/lembaga/institusi terkena blacklist (daftar hitam) adalah dikarenakan telah melakukan tindakan yang tidak baik dan berbahaya. Contoh sederhanyanya adalah pemalsuan data (penipuan).

Nah, kembali ke poko permasalahan “Apakah sekolah kena blacklist jika siswanya lulus SNMPTN tapi tidak diambil?”.

Jawabannya adalah TIDAK!. Sekolah tidak akan kena blacklist akibat ulah siswanya yang tidak mengambil jatah kelulusan SNMPTN, karena memang sekolah tidak bisa memastikan sikap dan tindakan siswanya meskipun sebelumnya sdah diberikan pengarahan yang matang.

Sekolah akan terkena blacklist hanya jika sekolah terbukti melakukan kecurangan, seperti merekayasa nilai raport atau data-data lainnya.

Walau sekolah tidak terkena blacklist, tentu hal ini akan membuat citra sekolah menjadi kurang baik di mata kampus tujuan. Bisa saja akibat hal ini, untuk SNMPTN tahun depat kuota penerimaan untuk jurusan tertentu atau jurusan yang tidak diambil siswa padahal sudah lulus SNMPTN akan berkurang/ditiadakan.

Contoh, Ani lulus di kampus X jalur SNMPTN untuk jurusan sejarah. Sedangkan Andy lulus di kampus X jalur SNMPTN untuj jurusan Akuntansi. Ani tidak mengambil status kelulusan di kampus X tersebut karena faktor biaya (sebelumnya Ani merupakan pendaftar bidikmisi, namun tidak lulus verifikasi bidikmisi). Andy mengambil jurusan tersebut dan melanjutkan kuliah.

Akibat Ani yang tidak melanjutkan kuliah tersbut, kuota undangan SNMPTN jadi dikurangi oleh pihak kampus X terhadap sekolah Ani, bahkan bisa berakibat ditiadakan untuk jurusan sejarah tersebut. Sedangkan untuk jurusan Akuntansi tetap diterima sesuai kuota yang dibutuhkan.

Sanksi Bagi Siswa yang Tidak Mengambil Kelulusan SNMPTN

Meskipun sekolah tidak terkena ancaman blacklist, siswa tetap akan mendapat sanksi. Salah satu sanksinya adalah tidak bisa mengikuti seleksi SBMPTN dan seleksi Mandiri di kampus tersebut.

Aturan masuk perguruan tinggi negeri, hanya peserta yang tidak lolos SNMPTN bisa ikut ujian tertulis SBMPTN.

Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad mengatakan sanksi terkait dengan pelaksanaan tes tertulis jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). “Yang bersangkutan tidak bisa ikut SBMPTN dan sekolah mendapat teguran,” katanya, Jumat, 15 Februari.2019.

Namun jika sudah lolos SNMPTN atau SBMPTN, peserta dilarang ikut Seleksi Mandiri meski dengan berbagai alasan, seperti misalnya ikut lagi karena tidak sreg dengan pilihannya. “Kalau mau nekad mendaftar seleksi mandiri boleh saja, tapi tidak akan diseleksi karena data peserta lulus SNMPTN atau SBMPTN sudah kami pegang,” kata Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Mindriany Syafila.

Nah, jadi sudah jelas ya Adik-adik dari penjelasan Rektor UNPAD dan Direktur Eksekutif ITB di atas bahwa sekolah tidak akan terkena blacklist hanya karena siswanya tidak mengambil kelulusan SNMPTN.

Namun begitu, Adik-adik juga tidak boleh lo sembarangan tidak mengambil jurusan tersebut jika memang alasannya sepele saja, misal kurang sreg, padahal kan adik sendiri yang pilih jurusan tersebut saat seleksi SNMPTN.

Adik-adik juga tidak boleh egois, karena begitu banyak siswa-siswa yang lain ingin lulus SNMPTN tapi malah belum bisa lulus. Dan tentunya tindakan tidak mengambil kelulusan SNMPTN akan merugikan Adik-adik kelas.

Demikianlah informasi mengenai kelulusan SNMPTN yang tidak diambil ini kami sajikan, semoga membantu dan bermanfaat bagi Adik-adik sekalian.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!