Download Contoh Soal UTBK Terbaru 2019Kumpulan soal utbk Sbmptn

Contoh Kartu Peserta UTBK 2019/2020

Kartu Peserta Ujian UTBK adalah salah satu syarat wajib yang dibawa pada saat ujian UTBK 2019/2020. Kartu Peserta UTBK ini dapat di cetak setelah proses pembayaran biaya pendaftaran UTBK 2019/2020 ke bank mandiri/bni/btn selesai.

Adik-adik sekalian, sebelum hari-H ujian UTBK, lengkapi dulu persyaratan ujian UTBK, salah satunya adalah kartu peserta UTBK. Jangan sampai kartu tertinggal atau hilang pada saat akan ujian UTBK, karena otomatis adik-adik tidak dapat mengikuti UTBK. Jika UTBK tidak diikuti maka pendaftaran SBMPTN juga tidak dapat dilakukan.

Kartu Peserta UTBK 2019/2020

Berikut adalah salah satu contoh kartu peserta UTBK 2019.

Kartu UTBK

Soal Latihan UTBK TKA dan TPS 2019

Untuk mendapatkan paket soal utbk dan berlatih soal-soal utbk, adik-adik silahkan klik disini.

Semoga dengan adanya paket soal ini, adik-adik bisa lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal utbk dan akhirnya bisa lolos pada seleksi SBMPTN 2019/2020.

Sekilas Tentang UTBK 2019/2020

Mulai tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Pelaksana UTBK dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT antara lain: tes dilakukan lebih dari 1 (satu) kali, peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes.

Jenis Soal UJian UTBK 2019/2020

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!